fb twitter instagram youtube whatsapp
Blog > Berita DOBOT dari Sekeliling Dunia! Artikel 1 – Toko Kopi Tanpa Manusia?

admin March 2, 2020

Berita DOBOT dari Sekeliling Dunia! Artikel 1 – Toko Kopi Tanpa Manusia?

Selamat pagi dan salam bagi semua pembaca artikel ASPERIO!. Artikel yang kami akan tulis kedepannya akan berfungsi sebagai media untuk menyampaikan informasi, tips and tricks, dan semua hal seputar DOBOT dan bermacam teknologi lainnya yang merupakan teknologi inti dari revolusi industri 4.0! Kali ini, kami mau sharing beberapa kasus penggunaan DOBOT di luar Indonesia, yaitu di Amerika Serikat dan di Jepang! Yuk, check it out!.  

1. Membuat Mini Assembly Line dari nol menggunakan DOBOT Magician - Amerika Serikat

 

Pada 11 Februari yang lalu, murid-murid SMA dari Quakertown Community High School membangun otomasi mini assembly line saat belajar mata pelajaran Computer-integrated Manufacturing Class. Proyek yang dilakukan oleh para murid merefleksikan skill atau ilmu yang sangat dicari oleh banyak perusahaan di era industri 4.0. Dengan menggabungkan kemampuan memecahkan masalah dan literasi teknologi mutakhir, mereka mampu menghadapi permasalahan di dunia nyata dan menyelesaikannya secara tepat serta dapat mengaplikasikan semua ilmu yang mereka pelajari selama semester sekolah mereka Salah satu murid mengatakan dengan semangat bahwa untuk menyelesaikan masalah pada proyek otomasi mini assembly line, mereka harus memiliki komponen atau parts yang tepat, serta disiplin ilmu yang sesuai dengan permasalahan yang ingin dipecahkan. Guru mereka, Mr. Polk, menambahkan bahwa menggunakan DOBOT Magician meningkatkan interaksi dalam kelas antara murid dan antara murid dan proyek sehingga membangun suasana kelas yang lebih semangat dan membangun jiwa kerjasama dari dini dalam para murid.  

2. Menggunakan Robot untuk menjaga toko kopi - Osaka, Jepang


   


Nah, yang ini nih sangat menarik kalau diaplikasikan di Indonesia. Kalau kalian sering beli kopi susu di aplikasi online atau secara langsung, bagaimana reaksi kalian jika ternyata yang membuat kopi buat kalian bukan manusia, tapi mesin? Pada November tahun lalu, sebuah toko kopi di Osaka berhasil membangun kafe yang tidak memerlukan manusia sama sekali. Dengan menggunakan DOBOT Magician, kafe ini mendirikan suatu konsep yang disebut humanless & cashless dimana pelanggan tidak dilayani oleh manusia dan tidak membayar menggunakan uang kertas melainkan menggunakan metode pembayaran digital. Pelanggan cukup menunggu 5 menit sampai akhirnya kopi mereka disajikan langsung di area pengambilan kopi pelanggan. Cukup inspiratif kan? semoga Indonesia tak kalah dengan dua negara diatas dari segi kreativitas anak muda dan segi kreativitas UKM-nya! Terimakasih telah membaca, dan sampai bertemu kembali di artikel berikutnya!

-thr

Artikel Populer

Menjadi Robotics Engineer

September 18, 2020
Kategori

Artikel
(4)

Biomedical
(2)

Uncategorized
(10)