fb twitter instagram youtube whatsapp
Blog > Lampu UVC apakah efektif bisa membasmi Virus?

admin August 10, 2020

Lampu UVC apakah efektif bisa membasmi Virus?

Pada saat ini seluruh dunia dilanda kepanikan dengan kehadiran virus baru yang masih satu keluar dengan virus penyebab flu, virus tersebut bernama Virus Covid-19. Virus Covid-19 telah membuat pandemi dimana-mana melebihi pandemi dari saat dunia diramaikan dengan Flu Spanyol. Vaksin atau obat dari Virus Covid-19 ini masih dalam percobaan dan belum bisa di edarkan secara publik.  

Penyebaran virus COVID-19 tergolong cepat, dikarenakan penyebaran dari virus ini bisa melalui udara, menempel pada benda, melalui air liur dari yang telah terpapar virus COVID-19 dan dari hewan yang berkeliaraan. WHO sebagai lembaga kesehatan dunia yang menjadi rujukan kesehatan dunia telah menerapkan beberapa protokol sederhana pencegahan penyebaran virus COVID-19. Protokol yang disarankan oleh WHO adalah dengan mencuci tangan, memakai masker, mandi setelah berpergian dan tidak keluar rumah apabila kurang penting.

 

Bagaimana cara membasmi virus yang telah menyebar ke benda-benda dan udara ? WHO telah merilis anjuran langkah-langkah untuk pembasmian virus pada benda seperti dengan cairan disinfektan dan cairan antiseptik, sedangakan virus COVID-19 yang telah menyebar melalui udara menurut WHO bisa mennggunakan lampu UVC atau Ultra Violet Type C.

 

Pada gambar ilustrasi tersebut terlihat bagiamana perbedaan dari radiasi masing-masih type Ultra Violet. Terlihat lampu UVC memiliki besaran radiasi yang tinggi dan bisa merusak DNA dan RNA.Pada dasarnya virus menginfeksi sel, apabila DNA dan RNA sel rusak maka virus pun akan ikut rusak kemudian hilang. Penggunaan lampu UVC untuk pembasmian virus minimal 5 menit apabila lokasi kecil dan 60 menit apabila area pembasmian luas. Karena sifat UVC dapat merusak DNA dan RNA maka manusia tidak diperbolehkan dekat atau terpapar langsung sinar UVC. Di beberapa  negara maju telah menciptakan Robot UVC agar manusia tidak perlu terlibat langsung dalam pembasmian virus ini mengandalkan UVC. Tak terkecuali di Indonesia, sebuah perusahaan di kabupaten Bekasi bernama INFINITIGROUP telah menciptakan Robot UVC yang bisa di kendalikan jarak jauh dan UVC trolley UVC yang bisa di aktifkan dari jarak jauh. Memiliki sensor jarak, apabila ada manusia atau hewan bergerak maka UVC akan mati dan akan aktif kembali saat area sudah tidak ada pergerakan lagi.


Penulis : ~BR

Artikel Populer

Menjadi Robotics Engineer

September 18, 2020
Kategori

Artikel
(4)

Biomedical
(2)

Uncategorized
(10)