fb twitter instagram youtube whatsapp
Blog > Pelatihan Virtual Untuk Operator Alat Berat

admin September 16, 2020

Pelatihan Virtual Untuk Operator Alat Berat

Melatih operator alat berat baru membutuhkan waktu dan sulit dalam menyediakan peralatan dan juga buku manual. Sekarang, seperti halnya pilot dapat berlatih menggunakan simulator virtual, operator alat berat dapat berlatih menggunakan sistem yang dioperasikan dengan komputer, mempelajari kontrol mesin mereka dan menjadi terbiasa dengan pengoperasian alat sebelum duduk di dalam kabin seperti aslinya.



Pengembang perangkat lunak Montreal, bekerja sama dengan pakar industri konstruksi, telah menciptakan simulator pertama untuk ekskavator. Ini adalah cara hemat biaya untuk membiasakan operator baru dengan alat berat mereka tanpa mengurangi produksi atau meluangkan waktu supervisor untuk pelatihan. Simlog, yang telah dibuat sebelumnya Sistem serupa berbasis PC untuk system yang mobile dan Tower Crane, forest harvesters and forwarders, dan softwood sawmills, telah mengembangkan Simulator Pribadi Excavator Hidraulik untuk pasar umum. Perangkat lunak ini dapat dijalankan pada komputer pribadi standar - karena itu dinamakan “simulator pribadi” - dan dikombinasikan dengan peralatan paling sederhana untuk menciptakan pengalaman pelatihan yang unik. Meskipun ada simulator skala besar dipasaran, ini akan menjadi simulator pertama yang cukup terjangkau untuk diambil dan digunakan oleh lembaga pemerintah, perusahaan, dan sekolah pelatihan untuk pelatihan reguler. Ini dapat dilihat baik pada PC biasa atau melalui proyektor untuk membuat gambar yang lebih besar. Dipasangkan dengan salah satu dari dua joystick atau kontrol komputer standar yang dirancang untuk mensimulasikan yang ada di dalam kabin, alat ini akan menjadi alat pelatihan yang hebat.



Faktanya, ini adalah alat yang sangat bagus sehingga Caterpillar’s Equipment Training Solutions Group bekerja sangat erat dengan Simlog untuk mengembangkan perangkat lunak versinya sendiri. Ini adalah yang pertama di lini Sistem Pelatihan Virtual barunya. Muncul dengan rakitan dasar kursi operator khusus yang dapat digunakan dengan kursi kantor untuk menciptakan "kabin" dengan kontrol di tempat yang tepat untuk memberikan pengalaman yang realistis.
Kedua versi menggunakan teknologi unik "pemodelan medan yang dinamis" dari Simlog untuk penggalian virtual seperti yang dialami operator di kabin alat berat sebenarnya. Berlatih secara mandiri atau dengan instruktur, peserta pelatihan dapat berpartisipasi dalam serangkaian 12 skenario yang secara bertahap lebih sulit. Ini mengajarkan operasi dasar excavator, dari cara memindahkan bucket dan memposisikan boom hingga penggalian parit dan memuat truk dengan aman.



Setiap skenario memberikan hasil pelatihan yang terukur, seperti waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas, jumlah material yang dipindahkan, keakuratan penggunaan, dan masalah apa pun seperti menabrak truk, atau melewati bucket di atas kabin, atau tidak memperhatikan jarak pemisahan kerusakan yang aman. Setelah pengguna membiasakan diri dengan kontrolnya, transisi ke mesin sebenarnya jauh lebih mudah dan lebih aman.
Dalam praktiknya, sistem membuktikan nilainya dengan sangat cepat bahkan pengenalan sepuluh menit bagi pemula yang mencobanya selama demonstrasi dapat memberikan pengaruh yang lebih terasa pada kendali di kabin ekskavator asli. Caterpillar’s Equipment Training Solutions Group merasa bahwa sistem yang canggih bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan bagi operator baru, melatih mereka pada aplikasi tertentu, mengajarkan desain dan fungsi kontrol baru, dan menyaring keterampilan dan kemampuan karyawan baru.



Menurut Simlog, organisasi pelatihan lain juga telah menunjukkan minat yang besar pada simulator, termasuk sekolah kehutanan Kanada yang memiliki program pembangunan jalan. Simulasi excavator saat ini tersedia baik dari dealer Caterpillar's, yang menyediakan program Sistem Pelatihan Virtual, atau Simlog, yang menawarkan perangkat lunak serta sejumlah opsi kontrol. Perusahaan tidak berhenti di situ saja, Simlog dan Caterpillar berencana untuk memperkenalkan sistem virtual untuk truk non-jalan raya dan wheel loader pada tahun 2006, dengan backhoe loader, traktor, motor grader, dan skid-steer loaders.
ASPERIO sebagai salah satu perusahaan teknologi karya anak bangsa yang fokus pada Pendidikan dan Pelatihan dan berkomitmen untuk membantu meningkatkan kualitas SDM di Indonesia dengan berbasis Teknologi. Kami siap berdiskusi dan memberikan solusi untuk meningkatkan efektivitas pelatihan anda.


- Technology in Small Steps -

Artikel Populer

Menjadi Robotics Engineer

September 18, 2020
Kategori

Artikel
(4)

Biomedical
(2)

Uncategorized
(10)