fb twitter instagram youtube whatsapp
Blog > Menjadi Robotics Engineer

admin September 18, 2020

Menjadi Robotics Engineer

Beberapa tahun lalu mungkin Robotics Engineer merupakan pekerjaan yang masih sangat jarang terdengar. Namun saat ini karena sedang gencar-gencarnya dengan industri 4.0, robotik menjadi satu tema yang sering diperbincangkan. Tapi, apa sih itu Robotics Engineer? Pada artikel ini kita akan sedikit membahas tentang pekerjaan yang berhubungan dengan robot.

Apa yang dilakukan seorang Robotics Engineer?

‘Robotics Engineer akan merancang, membuat, memprogram, memelihara, dan memiliki pengetahauan keahlian untuk robot perakitan, kualitas, dan otomasi. Anda akan bekerja dengan engineer, pemeliharaan, dan produksi pada proyek untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan keselamatan. Anda harus memiliki pengetahuan tentang sistem kontrol alat berat dan solusi otomatisasi pabrik '.


Untuk merancang, sistem robot memerlukan software untuk membuat gambar dan simulasi unit robotik elektro-mekanis. Seringkali desain tersebut digunakan dalam proses fabrikasi untuk memproduksi unit dan atau sel kerja. Setelah unit-unit itu dibuat mereka umumnya hanya unit mekanik mati, sampai seorang programmer robotik memasukkan program ke unit untuk melakukan langkah urutan otomatis.

Robotics Engineer biasanya akan terlibat dalam pembuatan unit robot dalam setiap aspek. Mereka akan bekerja bersama tim. Pekerjaan ini biasanya juga diharuskan untuk memelihara sistem robot untuk proses produksi yang dapat mencakup puluhan unit di seluruh jalur produksi atau fasilitas manufaktur.

Berapa Tahun yang Dibutuhkan untuk Menjadi Robotics Engineer?

Setelah tau ngapain sebenarnya seorang Robotics Engineer, sekarang mungkin teman-teman masih bingung "Berapa lama ya saya bisa siap jadi Robotics Engineer?"

Saya mengerti, robotika memang terdengar seperti karier yang menyenangkan bagi yang tertarik dengan teknologi. Dan Anda mungkin ingin memulai secepat mungkin. Nah, dengan keterampilan yang tepat, Anda dapat dengan mudah menemukan peluang kerja yang akan membuat Anda bisa berkeliling dunia, dan bekerja pada project yang bernilai jutaan dolar. Jadi, jawaban singkatnya di bawah ini;

Banyak yang memulai dengan mengambil gelar sarjana 4-5 tahun; teknik listrik, mekanik atau industri / manufaktur. Namun banyak juga bekerja di industri tanpa gelar dan bekerja full-time. Sekarang juga ada beberapa perguruan tinggi dan universitas yang menawarkan gelar teknik robotika/mekantronika. Selain itu jam terbang tinggi juga sangat diperlukan bagi seorang Robotics Engineer. Banyak pelatihan Robotik yang bisa teman-teman ikuti.

Saat ini juga sudah banyak robot yang memang dikhususkan untuk Edukasi sehingga sangat membantu orang yang yang ingin belajar robot bahkan bisa digunakan untuk para Engineer yang ingin mengexplore robot lebih jauh. Dobot merupakan salah satu robot yang digunakan untuk mempelajari Robotika. Mulai dari belajar logika berpikir sampai belajar pemrograman yang sulit. Dengan adanya miniatur robot Industri anda juga lebih mudah memahami bagaimana robot pada industri bekerja. Kami ASPERIO merupakan satu-satunya distributor resmi Dobot di Indonesia, sehingga untuk kebutuhan pelatihan atau kebutuhan pengadaan yang memerlukan Dobot kami bisa bantu dengan full support

Jadi, udah taukan apa itu Robotics Engineer.. Bagaimana tertarikkan ? Untuk mengetahui serba-serbi tentang pekerjaan di dunia Robotik, tunggu di artikel selanjutnya yaaa…


Referensi : logixmagazine.com

Artikel Populer

Menjadi Robotics Engineer

September 18, 2020
Kategori

Artikel
(4)

Biomedical
(2)

Uncategorized
(10)