fb twitter instagram youtube whatsapp
Blog > Tiga sekolah SMA ini memiliki lab robotika! Bentuknya seperti apa ya?

admin October 9, 2020

Tiga sekolah SMA ini memiliki lab robotika! Bentuknya seperti apa ya?

Kemajuan teknologi akan terus mendorong setiap sektor untuk beradaptasi, termasuk sektor edukasi. Literasi mengenai teknologi yang dahulu bukan kebutuhan primer, sekarang sangat terasa urgensinya. Adanya pandemi juga memberikan kita kesempatan untuk menyicip akselerasi adopsi teknologi kepada seluruh aspek kehidupan kita. Di negara maju seperti Amerika Serikat dan China, murid dikenalkan oleh teknologi yang akan bekerja sama dengan mereka secara dekat di masa depan. Banyak institusi pendidikan yang menginvestasikan teknologi seperti robotika untuk memberikan kesempatan belajar bagi murid-murid mereka. Yuk kita intip 3 sekolah yang memiliki lab robotika!

Chongqing No.29 Secondary School – Chongqing, China


Chonqing No. 29 Secondary School di Chongqing, China, memiliki Artficial Intelligence Lab yang diperuntukan murid kelas 7 hingga kelas 9 belajar mengenai pemrograman robot, kecerdasan buatan, dan internet of things. Dalam AI Lab yang dimiliki sekolah ini, murid dapat menggunakan satu dari tiga puluh robot DOBOT yang tersedia. Murid juga belajar menggunakan kurikulum yang disusun dengan melakukan benchmark terhadap kebutuhan lapangan kerja di China. Kapasitas laboratorium ini adalah 50 orang dalam sekali kelas.

Aarstad High School – Bergen, Norway

Aarstad High School di Bergen, Norwegia menggunakan 16 DOBOT magician untuk mempelajari mengenai industri 4.0, pemrograman, dan robotika. Kelas robotika ini dapat menampung sekitar 30 murid dan diakan 4 hari seminggu selama 45 menit setiap pertemuan. Menggunakan kurikulum yang telah distardarisasi dengan visi pemerintahan setempat, kelas ini mengajarkan murid kelas 10 hingga kelas 12 yang ingin mengambil jurusan teknik kelak saat masuk kuliah.


Busan Institute of Science and Technology – Busan, South Korea

Busan Institute of Science and Technology di Busan, Korea Selatan, menggunakan 10 DOBOT Magician dalam kelas otomasi yang ditujukan untuk mahasiswa tingkat awal hingga tingkat akhir. Kelas ini diadakan setiap minggu selama 3 jam dan mengajarkan mengenai dasar-dasar pemrograman dan mekanika robotika Sekian dari kami untuk Newsletter kali ini. Semoga kalian senang membacanya! Daftarkan email kalian untuk mendapatkan update setiap minggunya dari kami!

Artikel Populer

Menjadi Robotics Engineer

September 18, 2020
Kategori

Artikel
(4)

Biomedical
(2)

Uncategorized
(10)